Home Terbaru Alhamdulillah, Ada Kabar Baik dari Menteri Luar Negeri Soal Diplomasi Indonesia Tahun...

Alhamdulillah, Ada Kabar Baik dari Menteri Luar Negeri Soal Diplomasi Indonesia Tahun 2022

Trading, Investasi, Terbaru January 7, 2022 3:11 am

Diplomasi Indonesia pada 2022 akan terus mengupayakan pembangunan ketahanan kesehatan nasional sampai global. Hal itu mengingat pandemi menyadarkan dunia bahwa ketahanan kesehatan sangat krusial

Tahun 2022, diplomasi kesehatan akan terus menjadi salah satu prioritas Indonesia. Pandemi Corona mengajarkan kami untuk memperbaiki ketahanan kesehatan nasional dan juga serta global,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi di dalam kesempatan penyampaian Pernyataan Pers Tahunan Menlu (PPTM) 2022 secara virtual, Hari Kamis (6/1/2022).

Baca serta: Menlu Retno Pastikan Tidak terdapat Hambatan Apa pun di dalam Diplomasi Indonesia

Menurut Retno, Indonesia yakin mampu memproduksi vaksin sendiri sampai menjadi hub produksi vaksin di kawasan. Indonesia serta mesti mampu membuat obat sendiri dan juga serta memenuhi bahan baku obat. 

Baca Juga :  Luhut soal Krisis Pasokan Batu Bara: Masalah Emergency Sudah Terlewati

“Kerja sama jangka panjang diperlukan termasuk untuk memperkuat infrastruktur kesehatan nasional maupun industri kesehatan bagus obat-obatan maupun vaksin,” ujarnya.

Retno mengatakan, pengembangan riset dan juga serta jejaring manufaktur vaksin serta akan terus didorong Indonesia melalui Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI).

Menurut Retno pada di tingkat global, arsitektur kesehatan dunia mesti diperkuat supaya dunia lebih siap menghadapi ancaman pandemi di masa depan. Penguatan arsitektur kesehatan global serta turut menjadi salah satu prioritas Indonesia saat menjadi Pimpinan di G20.

“Indonesia serta menilai penting sebuah Pandemic Treaty yg baru supaya dunia lebih siap menghadapi pandemi. Indonesia siap berkontribusi secara konstruktif di dalam proses negosiasi Pandemic Treaty tersebut,” kata Retno.

Baca Juga :  [Investasi] CURHAT PARA KORBAN INVESTASI BODONG

Selain itu, Indonesia akan terus mendorong penguatan peran sentral Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di dalam mengkoordinasikan aksi global di bidang kesehatan dan juga serta pembentukan mekanisme pendanaan kesehatan bagi negara berkembang.

Prioritas diplomasi Indonesia pada 2021 ialah diplomasi kesehatan. Sepanjang 2021 pula berbagai langkah diplomasi terus dilakukan bagus secara bilateral, regional, maupun multilateral. Diplomasi vaksin menjadi hal utama untuk memenuhi kebutuhan vaksin rakyat Indonesia.

“Alhamdulillah menjelang akhir Desember 2021 Indonesia telah menyuntikkan lebih berasal dari 270 juta dosis vaksin. Kelima terbesar di dunia setelah China, India, Amerika dan juga serta Brasil. berasal dari semua vaksin yg diterima Indonesia, lebih berasal dari 20,15 persen berasal berasal dari COVAX maupun dukungan berbagi dosis negara sahabat,” kata Retno.

Baca Juga :  [Investasi] Jenis Investasi Reksadana (Reksa Dana) Online, Cocok yang Mana?

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan juga serta keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di our Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yg terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan juga serta keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: