Home Terbaru Bappenas: IKN Diincar SpaceX menjadi Tempat Peluncuran Pesawat Berkecepatan Tinggi

Bappenas: IKN Diincar SpaceX menjadi Tempat Peluncuran Pesawat Berkecepatan Tinggi

Trading, Investasi, Terbaru January 14, 2022 3:06 am

TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menyatakan telah terdapat permintaan khusus berasal dari perusahaan penerbangan luar angkasa asal Amerika Serikat, SpaceX terhadap Ibu Kota Negara atau IKN.

Perusahaan milik orang terkaya sejagat Elon Musk ini meminta supaya di ibu kota baru yg bakal berada di Kalimantan Timur menyediakan tempat peluncuran pesawat terbang berkecepatan tinggi.

“Ketua Pansus telah datang ke SpaceX di Los Angeles. Di sana mereka meminta Indonesia, salah satu titiknya di IKN, selain Biak,” kata Suharso, seperti dikutip berasal dari siaran YouTube akun Parlemen Channel, Kamis, 13 Januari 2022 . “Untuk menjadi tempat peluncuran pesawat terbang dengan kecepatan luar biasa.” 

Baca Juga :  Faisal Basri: Pembangunan Ibu Kota Bisa Ditunda Setidaknya 5 Tahun

Hal tersebut disampaikan Suharso di dalam rapat kerja dengan Pansus Rancangan Undang-undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) di kawasan parlemen. 

Dengan begitu, penerbangan berasal dari Indonesia ke negara Abang Sam hanya butuh beberapa jam saja. “Dari Indonesia ke Amerika Serikat mungkin cuma 1,5 sampai 2 jam,” tutur Suharso. 

“Mudah-mudahan tidak mampir ke kutub utara,” ungkap Suharso sambil terkekeh. dari karena itu, menurut dia, posisi dan juga serta kondisi tempat IKN yg strategis ini telah diincar dari perusahaan di luar negeri. “Karena itu dianggap sangat mungkin dan juga serta berasal dari situ muncul bandara yg membawanya ke Singapura dan juga serta wilayah Asia lainnya.”

Baca Juga :  Siap-siap, Komisi II DPR Akan Gelar Raker Tentukan Jadwal Pemilu 2024

Permintaan itu, kata dia, menunjukkan sangat mungkin bahwa di kawasan tempat IKN tersebut didirikan tempat tinggal landas pesawat berkecepatan tinggi itu. “Itu dianggap sangat mungkin, muncul bandara. Mereka melihat kekayaan khatulistiwa untuk peluncuran,” ucapnya.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: