Home Terbaru Bendungan Randugunting Diresmikan Jokowi, Ini Harapan Petani Blora

Bendungan Randugunting Diresmikan Jokowi, Ini Harapan Petani Blora

Trading, Investasi, Terbaru January 6, 2022 2:50 am

TEMPO.CO, Jakarta -Para petani menyampaikan sejumlah harapan atas beroperasinya Bendungan Randugunting, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, di antaranya peningkatan produktivitas dan juga serta taraf hidup petani mengingat bendungan tersebut mampu mengairi 650 hektare sawah.

“Tanaman padi ini membutuhkan pengairan yg optimal, menjadi harapan kami berasal dari Bendungan Randugunting ini dapat menyuplai air ke Dam Kedung Sapen yg mana Dam Kedung Sapen ini dapat untuk mengairi daerah kami, daerah Kecamatan Sumber dan juga serta Kaliori, Kabupaten Rembang,” kata salah seorang petani berasal dari Desa Sekarsari, Rembang, Sukarji, Rabu, sebagaimana dikutip berasal dari keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden.

Ia berharap para petani di wilayah sekitar Kabupaten Blora, Rembang, dan juga serta Pati mendapat manfaat berasal dari keberadaan bendungan dengan kapasitas tampung 14,4 juta meter kubik air tersebut.

Baca Juga :  [Investasi] Melihat produksi kandang ayam petelur pesantren NAZWA,,,,, Investasi Akhirat

Sementara itu, Syakib, petani berasal dari Desa Jatihadi, Rembang, berharap supaya pemerintah serta dapat melakukan normalisasi bendungan lainnya yg telah dangkal. Bendungan yg dangkal, kata Syakib, membuat petani mesti menunggu tadah hujan untuk irigasi sawah.

“Mohon perhatiannya Bapak Jokowi, mohon dinormalisasi bendungannya karena dangkal, biar masyarakat menikmati air yg dapat mengalir di petani,” ungkap Syakib.

Supardi, petani bawang merah asal Desa Jatihadi, merasa bersyukur atas keberadaan Bendungan Randugunting. Supardi berharap pengairan berasal dari bendungan tersebut dapat dirasakan manfaatnya bagi para petani bawang.

Baca Juga :  Ganjar Resmikan Wisata Borobudur Edupark

“Saya mengucapkan sangat banyak terima kasih atas adanya Bendungan Randugunting ini yg dinanti-nanti dari petani untuk dinikmati dari petani semua,” ucap Supardi.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi pada Hari Rabu meresmikan Bendungan Randugunting yg dibangun sejak 2018. Randugunting memiliki kapasitas tampung air sebesar 14,4 juta meter kubik dan juga serta mampu mengairi kurang lebih 650 hektare sawah yg berada di Kabupaten Blora, Kabupaten Pati, dan juga serta Kabupaten Rembang.

Jokowi berharap kehadiran Bendungan Randugunting dapat menjadikan ketahanan dan juga serta kemandirian pangan menjadi makin baik.

Bendungan Randugunting yg memiliki luas genangan 187,19 hektare tersebut serta memiliki sejumlah fungsi yg lain seperti penyediaan air baku sebanyak 200 liter per detik dan juga serta reduksi banjir sebanyak 81,42 meter kubik per detik. Bendungan Randugunting serta memiliki fungsi konservasi dan juga serta pariwisata.

Baca Juga :  [Saham] Market Point of curiosity: BI7DRR Tetap 3,5% Hingga Saham BUMN Karya Melesat

“kami harapkan serta Waduk Randugunting ini nanti serta dapat menjadi tempat pariwisata yg sangat bagus bagi Kabupaten Blora dan juga serta masyarakat di sekitar Kabupaten Blora,” kata Jokowi.

Baca serta: Profil Bendungan Randugunting Senilai Rp 880 Miliar yg Akan Diresmikan Jokowi

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan juga serta kabar pilihan berasal dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda penting meng-install Software Aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: