Home Terbaru BI Perkirakan Inflasi 0,58 Persen di Januari 2022, Apa Saja Penyumbangnya?

BI Perkirakan Inflasi 0,58 Persen di Januari 2022, Apa Saja Penyumbangnya?

Trading, Investasi, Terbaru January 15, 2022 3:06 am

TEMPO.CO, Jakartabank Indonesia memperkirakan terjadi inflasi sebesar 0,58 persen (mtm) pada Januari 2022. Perkiraan itu berdasarkan survei pemantauan harga pada Hari Minggu kedua Januari.

“Inflasi berada pada level yg rendah dan juga serta terkendali,” kata Kepala Departemen Komunikasi bank Indonesia Erwin Haryono di dalam keterangan tertulis Jumat, 14 Januari 2022.

Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Januari 2022 secara Tahun kalender sebesar 0,58 persen (ytd), dan juga serta secara tahunan sebesar 2,20 persen (yoy).

Baca Juga :  [Saham] ADMR sudah Naik 900% Sejak IPO 14 Hari , Pick Consume Atau Select Income ? Adaro Minerals Indonesia

Penyumbang utama inflasi Januari 2022 sampai dengan Hari Minggu II yaitu komoditas Bahan Bakar Rumah Tangga (BBRT) sebesar 0,11 persen (mtm), daging ayam ras dan juga serta telur ayam ras masing-masing sebesar 0,08 persen (mtm), beras, cabai rawit dan juga serta tomat masing-masing sebesar 0,04 persen (mtm). Untuk minyak goreng dan juga serta sabun detergen bubuk/cair masing-masing sebesar 0,03 persen (mtm), bawang merah dan juga serta rokok kretek filter masing-masing sebesar 0,02 persen (mtm), jeruk, bawang putih, dan juga serta mie kering instan masing-masing sebesar 0,01 persen (mtm).

Sementara itu, komoditas yg mengalami deflasi yaitu cabai merah (-0,04 persen mtm) dan juga serta tarif angkutan udara sebesar -0,02 persen (mtm).

Baca Juga :  Gabung Holding UMi, PNM Tetap Sasar Warga Miskin-Tanpa Agunan

Dia mengatakan bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan juga serta otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Corona dan juga serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia berasal dari waktu ke waktu, serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yg penting ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan juga serta sistem keuangan.

Baca Juga :  Memanas! Ferdinand Nginep di Kantor Polisi, Novel Bamukmin Langsung Minta Jenderal Dudung Juga Ikut

“Serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap bagus dan juga serta berdaya tahan,” ungkap Erwin.

HENDARTYO HANGGI

Baca serta: Gempa Banten Magnitudo 6,7, PLN Pastikan Sistem Kelistrikan Jawa Bali Aman

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan juga serta kabar pilihan berasal dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda penting meng-install Software Aplikasi Telegram terlebih dahulu.

 

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: