Home Terbaru Buruh Banten Siap Ajukan Gugatan ke PTUN Desak Revisi UMK

Buruh Banten Siap Ajukan Gugatan ke PTUN Desak Revisi UMK

Trading, Investasi, Terbaru January 6, 2022 2:50 am

Serang, CNN Indonesia

Buruh di Banten akan mengajukan gugatan terhadap SK Gubernur Banten Nomor 561/Kep.280-Huk/2021 yg mengatur kenaikan upah minimum 1,63 persen. Gugatan bakal diajukan ke PTUN.

Ketua DPD SPN Banten Intan Indriya Dewi mengatakan sebelum mengajukan gugatan, pihaknya akan membentuk tim kecil yg membahas celah aturan PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan untuk merevisi kenaikan upah. Hasil kajiannya akan dilaporkan ke Pemprov Banten melalui Disnakertrans dan juga serta DPRD Banten.

“Bagaimana dibuka ruang diskusi, dibuka serta terdapat sebuah tim dibentuk, supaya tim tersebut dapat memberikan masukan terkait legalitas apa yg dapat diambil selain menggunakan PP 36. Kemungkinan terdapat kenaikan upah, nanti tim tersebut berasal dari serikat pekerja dan juga serta serikat buruh beberapa perwakilan,” ujarnya, Hari Rabu (05/01).

Baca Juga : 
Soroti Minyak Goreng Mahal, Ma'ruf Amin: Jangan Cari Keuntungan Semata!

Intan menerangkan bahwa ketetapan UMK yg telah ditandatangani Gubernur Banten tersebut telah berlaku sejak 1 Januari 2022. Namun, baru dapat di ajukan ke PTUN setelah 90 hari sejak ditetapkan pada 30 November 2021.

Tim kecil, kata Intan, akan bekerja cepat sebelum masuk ke gugatan PTUN. Pengadilan akan menjadi jalan terakhir memperjuangkan aspirasi kenaikan upah para buruh.

“Kami serta akan melakukan beberapa hal, apabila memang sampai pada titik SK ini tidak direvisi, maka kami akan ajukan gugatan kepada PTUN,” terang dia.

Serikat buruh berasal dari KSPSI pimpinan Andi Gani akan duduk dengan Gubernur Banten membahas perubahan SK UMK 2022.

Menurut Ahmad Supriadi, Sekretaris DPD KSPSI Banten, meski organisasinya tak ikut berdemo dengan federasi buruh lainnya hari ini di depan kantor Wahidin Halim, namun mereka mengklaim masih satu perjuangan dengan organisasi lainnya, yaitu menuntut kenaikan upah sebesar 5,4 persen pada 2022.

Baca Juga :  Wapres soal Harga Minyak Goreng Mahal: Jangan Cari Keuntungan

“Ada pintu terbuka berasal dari Pak Gubernur untuk membicarakan ini lebih lunak dan juga serta nanti mungkin di dalam waktu beberapa hari ke depan kami akan audiensi dengan Pak Gubernur. Entah di kantornya, entah mungkin di rumah pribadi atau rumdinnya, untuk membicarakan lebih lanjut progres perjuangan UMK,” tutur dia.

Diketahui, buruh berdemo di depan kantor Gubernur Banten. Selama demonstrasi buruh yg menuntut revisi UMK 2022, tidak terdapat gesekkan dengan polisi.

Meski massa aksi sempat merusak dan juga serta menerobos barikade kawat berduri yg dipasang di depan kantor Gubernur dan juga serta gedung DPRD Banten.

Baca Juga :  Pecah!!! Saksi "Bernyanyi" Soal Baiat ISIS, Pihak Munarman Tegas Membantah: Saya Tegaskan Bahwa...

“kami melaksanakan pengamanan dengan humanis, aksi ini berjalan dengan aman dan juga serta kondusif. Tadi rekan-rekan kami berasal dari buruh, kami bagikan serta masker dan juga serta air mineral,” kata Kapolres Serkot AKBP Maruli Ahiles Hutapea.

Demonstrasi buruh di depan kantor Gubernur Banten berakhir damai. Mereka membubarkan diri sekitar Jam 18.00 WIB.

Sebelumnya, perwakilan buruh diterima beraudiensi di Gedung DPRD Banten dan juga serta bertemu dengan Wakil Pimpinan DPRD, Asda 1, Asda 1, Asda 3, dan juga serta Kepala Disnakertrans Banten.

[Gambas:Video CNN]

(ynd/bir)


Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: