Home Terbaru Diguncang Kerusuhan, Kazakhstan Atur Ulang Harga Bahan Bakar

Diguncang Kerusuhan, Kazakhstan Atur Ulang Harga Bahan Bakar

Trading, Investasi, Terbaru January 8, 2022 3:22 am

Jakarta

Pemerintah Kazakhstan kembali memulihkan batas harga bahan bakar kendaraan selama enam bulan. Kebijakan itu diambil setelah berhari-hari terjadi kerusuhan. Harga bensin dan juga serta solar serta akan dibatasi untuk periode yg sama.

Melansir BBC, Hari Jumat (7/1/2022), harga LPG, bahan bakar mobil umum naik dua kali lipat saat batas tersebut dihapus pemerintah pada Hari Minggu ini.

Baca Juga :  [Saham] IHSG DAN 3 SAHAM | REFERENSI SAHAM MINGGUAN EDISI JANUARI MINGGU KETIGA BBRI,ANTM,EMTK

Kondisi itu memicu aksi unjuk rasa turun ke jalan di berbagai kota. Meskipun awalnya dipicu dari kenaikan harga bahan bakar, protes dengan cepat meluas sampai mencakup keluhan soal perpolitikan lainnya di negara tersebut.

Kazakhstan sering digambarkan sebagaimana negara otoriter, dan juga serta sebagian besar pemilihan dimenangkan dari partai yg berkuasa dengan hampir 100% suara. Tidak terdapat oposisi politik yg efektif.

Baca Juga :  [Investasi] Menghitung Untung Rugi Investasi Emas Antam (17 Januari 2022)

Analis mengatakan kepada BBC bahwa protes yg terjadinya tidak mengejutkan di negara tanpa demokrasi elektoral, di mana orang penting turun ke jalan supaya suaranya didengar.

saat kerusuhan meningkat pada hari Rabu, kantor walikota Almaty dan juga serta kediaman presiden dibakar.

Sebagai usaha untuk meredakan protes, Presiden Tokayev sebelumnya telah memecat pendahulunya yg kuat, Nursultan Nazarbayev yg memegang peran keamanan nasional sejak mengundurkan diri sebagaimana presiden, dan juga serta seluruh pejabat pemerintahan serta mengundurkan diri.

Baca Juga :  [Saham] CARA LAPOR CRYPTO SAHAM INVESTASI ASURANSI DI PPS 2022😇✌️🙏💯 | www.TA2022.com

(toy/hns)

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: