Home Terbaru Erick Thohir Bakal Tinjau Ulang Keberadaan PT PLN Batubara, Ini Sebabnya

Erick Thohir Bakal Tinjau Ulang Keberadaan PT PLN Batubara, Ini Sebabnya

Trading, Investasi, Terbaru January 7, 2022 3:06 am

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan kementeriannya kini tengah berfokus untuk mentransformasikan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN.

“PLN akan menjadi fokus untuk bertransformasi setelah Pertamina, Pelindo, Telkom, bank Himbara, dan juga serta klaster kesehatan, sekarang PLN akan menjadi fokus,” ungkap Erick di dalam keterangan pers, Kamis, 6 Januari 2021.

Salah satu langkah transformasi itu ialah dengan mengkaji ulang keberadaan PT PLN Batubara. Ia tak ingin anak perusahaan PLN itu justru membuat birokrasi di perseroan menjadi semakin panjang.

Baca Juga :  [Saham] ❤ IPO PT Nusatama Berkah Tbk ( NTBK ) beli 1 saham freed from fee 1 waran - hari pertama ARA auto sultan

“PLN Batubara ini kan anak perusahaan yg apabila sesuai visi ke depan berasal dari Kementerian BUMN, selalu ingin kami kurangi jumlah anak dan juga serta cucu perusahaan, apalagi yg tidak diperlukan. Ini salah satu yg kami tinjau, apakah perusahaan ini akan dimerger nantinya dengan PLN, atau ditutup atau apapun, belum kami putuskan,” kata Erick.

Nantinya, Erick serta akan membuat subholding pelayanan atau retail di bawah PLN. Langkah itu dilakukan supaya pelayanan kepada masyarakat semakin baik.

Di samping itu serta akan terdapat subholding untuk pembangkit. “Karena itu tidak boleh terdapat tumpang tindih terdapat pembangkit, terdapat PLN Batubara, itu menjadi satu kesatuan grouping supaya transmisi tetap di PLN,” ungkap dia.

Baca Juga :  Mitratel Bakal Lanjutkan Akuisisi Aset dan Perusahaan Menara di 2022

Kendati demikian, ia pun ingin industri di pembangkitnya pun dapat independen. Harapannya, subholding ini dapat menangkap peluang PLN menjual listrik ke negara yg lain.

Pasalnya, kata dia, sangat banyak negara tetangga yg belum memiliki kepastian listrik berasal dari sumber energi terbarukan. Sementara, Indonesia memiliki air, panas bumi, angin, dan juga serta wilayah yg cukup luas.

“menjadi negara tetangga kami hari hari ini mulai terdapat yg kontak untuk mendapat listrik terbarukan berasal dari negara kami. Berarti Subholding Pembangkit ini akan menjadi kekuatan sendiri serta. Bukan cuma memberi listrik di di dalam negeri tapi serta melayani negara yg lain,” ungkap Erick Thohir.

Baca Juga :  [Saham] MNC Sekuritas Morning Meeting - 14/01/2022 | Rekomendasi Saham

Baca: Faisal Basri: terdapat Salah Diagnosis Ekonomi RI, Investasi Tinggi tapi Hasilnya…

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan juga kabar pilihan berasal dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda penting meng-install Software Aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: