Home Terbaru Indef: Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap Percepat Geliat Ekonomi Selatan Jawa

Indef: Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap Percepat Geliat Ekonomi Selatan Jawa

Trading, Investasi, Terbaru January 8, 2022 3:06 am

TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Direktur Institute for Development of Economics also Finance (Indef) Eko Listiyanto menilai kehadiran Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya -Cilacap atau Getaci dapat membangkitkan dan juga serta mempercepat geliat ekonomi di wilayah Jawa bagian selatan.

“Akses jalan yg lebih baik, dan juga serta dengan adanya jalan tol dapat mempercepat geliat ekonomi daerah-daerah di Jawa bagian selatan,” ungkap Eko saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat.

Menurut Eko, kawasan selatan pulau Jawa memang penting lebih dipacu perekonomiannya karena selama ini kawasan tersebut menjadi “kantong-kantong” kemiskinan di pulau Jawa Apabila dibandingkan dengan kawasan pesisir utara Jawa.

Baca Juga :  Jokowi: RI Butuh Rp715 T untuk Transformasi Menuju EBT

“Syaratnya seiring keberadaan tol serta penting dibangun pusat-pusat ekonomi daerah di dekat tol yg utamanya diisi dari produk-produk UMKM lokal. supaya produk berdaya saing serta penting terdapat pendampingan dan juga serta pelatihan secara end to end,” katanya.

Terkait tujuan pembangunan jalan tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap yaitu mendukung dan juga serta mendorong sektor pariwisata di Jawa Barat dan juga serta Jawa Tengah, ekonom Indef ini menilai hal tersebut telah tepat.

“Daerah Jawa bagian selatan secara alamiah pemandangan bagus, ombak besar karena terdapat Samudera Indonesia. Pengembangan pariwisata alam dan juga serta turunannya akan membuat potensi ekonomi daerah di Jawa bagian selatan meningkat,” kata Eko.

Baca Juga :  Gugatan Rp 4 M ke KFC Gegara Burger Nggak Sesuai Gambar!

Kementerian Pekerjaan Umum dan juga serta Perumahan Rakyat atau PUPR mengungkapkan pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap bertujuan mendukung pariwisata Jawa Barat dan juga serta Jawa Tengah.

Kategori jalan tol ini bersifat proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) unsolicited, di mana sumber utama pengembalian investasi yakni User Charge. Adapun masa konsesi Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap tersebut selama 40 Tahun.

Trase atau rute Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap direncanakan terdiri berasal dari dua tahap yaitu tahap pertama ruas tol Gedebage – Tasikmalaya sepanjang kurang lebih 95,2 km akan melewati Garut dan juga serta Tasikmalaya. Untuk tahap kedua, ruas tol Tasikmalaya – Cilacap sepanjang kurang lebih 111 Km akan melewati Ciamis, Banjar, dan juga serta Cilacap.

Baca Juga :  Dana Covid-19 Digunakan untuk IKN, Faisal Basri: Kejahatan Luar Biasa

Baca serta: Profil Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap dengan Nilai Investasi Rp 56 Triliun

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan juga kabar pilihan berasal dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda penting meng-install Software Aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: