Home Terbaru Indonesia Dinilai penting Memiliki Data Aktual Kekayaan Laut

Indonesia Dinilai penting Memiliki Data Aktual Kekayaan Laut

Trading, Investasi, Terbaru January 8, 2022 3:06 am

TEMPO.CO, Jakarta -CEO Indonesia Ocean Justice Initiative (IOJI) Mas Achmad Santosa mengatakan sampai saat ini belum terdapat estimasi kekayaan laut Indonesia yg bersifat resmi.

“menjadi penting data aktual tentang kekayaan laut Indonesia untuk menghasilkan rencana pengelolaan laut berkelanjutan,” kata Mas Achmad Santosa di dalam diskusi virtual, Jumat, 7 Januari 2022.

Menurutnya, tidak mungkin Indonesia mengembangkan sustainable ocean economy, apabila data kekayaan laut Indonesia sendiri itu belum dikembangkan dengan baik.

Baca Juga :  Desain Istana Presiden Ibu Kota Baru Diklaim Sudah Final

Padahal, kata dia, kekayaan sumber daya laut pada saat ini menghadapi ancaman perubahan iklim. Laut dan juga serta wilayah pesisir diperkirakan ialah wilayah yg paling terdampak berasal dari perubahan iklim yg disebabkan dari aktivitas manusia.

Berdasarkan Ocean Health Indeks, Indonesia menempati peringkat 137 berasal dari 221 negara dengan skor 65 yg berada di bawah rata-rata global sebesar 71.

Dia mengatakan komitmen Indonesia di dalam melakukan pembangunan ekonomi kelautan secara berkelanjutan tercantum di dalam RPJPN 2005-2025, kemudian RPJMN 2020-2024, kemudian yg ketiga di dalam Perpres Nomor 16 Tahun 2017 tentang kebijakan kelautan Indonesia.

Baca Juga :  Konfirmasi Omicron Jadi 318 Orang, Vaksinasi Harus Dibarengi Protokol Kesehatan Ketat

Keempat, pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada G20 2021 di Roma. Kemudian pernyataan presiden di dalam KTT perubahan iklim di COP26 di Glasgow 2021.

Dia melihat komitmen-komitmen tersebut menunjukkan arah political will dan juga serta kebijakan pemerintah Indonesia untuk mendukung perlindungan dan juga serta pemanfaatan sumber daya laut secara berkelanjutan dan juga serta keadilan laut untuk sebesar-sebesarnya kepada rakyat.

Baca Juga :  Arab Saudi Dirikan Lembaga Musik

Baca serta: Luhut Klaim Laut Indonesia Simpan Kekayaan USD 1,2 Triliun

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan juga serta kabar pilihan berasal dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda penting meng-install Software Aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: