Home Terbaru Jokowi Cabut 2.078 Izin Tambang, Ini Rinciannya

Jokowi Cabut 2.078 Izin Tambang, Ini Rinciannya

Trading, Investasi, Terbaru January 8, 2022 3:21 am

Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut 2.078 izin usaha pertambangan (IUP) mineral dan juga serta batu bara (minerba). Izin yg yg dicabut ialah yg tidak dijalankan, tidak produktif, dialihkan ke pihak yg lain, serta tidak sesuai dengan peruntukan dan juga serta peraturan.

Direktur Jenderal Mineral dan juga serta Batubara Kementerian Energi dan juga serta Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin mengungkapkan, sebanyak 2.078 izin usaha pertambangan (IUP), bagus perusahaan pertambangan mineral maupun perusahaan pertambangan batubara dicabut.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Lempar Kaus dari dalam Mobil, Nicho Silalahi: Tolong, Rakyat Bukan Binatang!

“Sebanyak 1.776 perusahaan pertambangan mineral, termasuk mineral logam, mineral bukan logam, dan juga serta batuan dengan luas wilayah 2.236.259 Hektar kami cabut,” kata Ridwan dikutip detikcom berasal dari keterangan resmi, Hari Jumat (7/1/2022).

Wilayah izin pertambangan tersebut tersebar di berbagai provinsi di Indonesia, antara yg lain Provinsi Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kep. Bangka Belitung, Kep. Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan juga serta Sulawesi Tenggara.

Baca Juga :  Panjang Dah Nih Urusan, Imbas Perseteruannya dengan Haris Azhar, Luhut Didesak Mundur!

“Sebanyak 302 perusahaan pertambangan batu bara, dengan luas wilayah 964.787 hektar serta dicabut,” jelasnya Ridwan.

Dia menjelaskan bahwa pemerintah akan menentukan kebijakan pemanfaatan potensi sumber daya mineral dan juga serta batu bara sehingga dapat berdayaguna serta mencapai tujuan sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat.

Presiden Jokowi telah menyampaikan bahwa sebanyak 2.078 izin perusahaan pertambangan mineral dan juga serta batubara dicabut karena tidak pernah menyampaikan rencana kerja. Izin yg telah bertahun-Tahun diberikan namun tidak dikerjakan, menyebabkan tersanderanya pemanfaatan sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Baca Juga :  Dirut PLN Baru 2 Tahun Dicopot, Dahlan Iskan: Jangan Keseringan Diganti

(toy/dna)

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: