Home Terbaru Kemenhub Tambah Kapal Perintis di Indonesia Timur, Ini Lokasinya

Kemenhub Tambah Kapal Perintis di Indonesia Timur, Ini Lokasinya

Trading, Investasi, Terbaru January 14, 2022 3:21 am

Jakarta

Kementerian Perhubungan meningkatkan pelayanan angkutan kapal perintis. Hal ini ditandai penyerahan kapal perintis baru di Pelabuhan Tual dan juga serta pangkalan kapal perintis di Pelabuhan Babang menambah pelabuhan singgah baru yaitu Pelabuhan Kokas.

Direktur Lalu Lintas dan juga serta Angkutan Laut, Capt Mugen Sartoto menyebutkan pihaknya telah melakukan peluncuran sekaligus serah terima kapal perintis KM Sabuk Nusantara 54 di Pelabuhan Tual pada tanggal 12 Januari 2022 yg dihadiri langsung dari Wali Kota Tual yg diwakili dari Asisten II Kota Tual Agung Renwarin serta pihak terkait lainnya.

Baca Juga :  Minyak Goreng Rp14 Ribu Dijual di Supermarket Mulai Besok

“Kami sampaikan bahwa Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 54 dengan Pelabuhan Pangkal Tual ini, merupakan kapal milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yg di dalam pengoperasiannya diamanahkan kepada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tual,” ujarnya di dalam keterangan resmi, Hari Kamis (13/1/2022).

Capt Mugen menjelaskan, dengan beroperasinya Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 54 ini akan mendukung keberlangsungan konektivitas dan juga serta mobilitas orang dan juga serta barang wilayah-wilayah terpencil di Tual dan juga serta sekitarnya.

“Trayek R-83 ini merupakan rute yg diusulkan Pemerintahan Provinsi Maluku dengan dengan Pemerintah Kota Tual dan juga serta UPP Kelas III Tual di dalam memfasilitasi dan juga serta mendukung pergerakan masyarakat. Maka dengan beroperasinya kapal perintis ini diharapkan dapat membantu guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan juga serta kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Fakta-fakta OpenSea, Platform Pemasaran Swafoto Ghozali yang Laku Puluhan Juta

KM Sabuk Nusantara 54 merupakan kapal type 750 GT dengan kapasitas 500 penumpang dan juga serta 1 ruang muatan umum dan juga serta selesai dibangun di Galangan DBN Cirebon pada Desember 2021.

“Seperti kami ketahui bahwa pembangunan sarana transportasi laut di lakukan guna memperlancar arus penumpang, barang dan juga serta jasa serta info seluruh ke penjuru tanah air sehingga akan memperlancar roda perekonomian dan juga serta membantu distribusi logistik nasional serta memperkokoh persatuan dan juga serta kesatuan bangsa di dalam rangka mewujudkan wawasan nusantara serta semakin meningkatkan ketahanan nasional,” ujarnya.

Baca Juga :  [Investasi] Dialogue board Indonesia Adil | Wajar Korban Investasi Bodong Menggugat Negara

Sementara itu, di Pelabuhan Babang, Capt Mugen mengungkapkan telah terdapat usaha dengan sama dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan konektivitas wilayah yaitu Kapal Perintis KM Berguna yg telah mulai beroperasi melayani masyarakat sejak hari Hari Rabu kemarin.

“KM Berguna melayani trayek pada Tahun ini dengan penambahan pelabuhan singgah, di Pelabuhan Kokas,” ujarnya.

(acd/ara)

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: