Home Terbaru Kemenhub Targetkan Proyek Jalur Ganda Solo-Kalioso Selesai Akhir 2023

Kemenhub Targetkan Proyek Jalur Ganda Solo-Kalioso Selesai Akhir 2023

Trading, Investasi, Terbaru January 9, 2022 3:06 am

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi memulai pembangunan rel ganda kereta api Solo – Semarang fase 1 segmen Solo Balapan – Kalioso sepanjang 10 kilometer spoor (Km’sp), yg sekitar 1,8 km nya akan dibangun secara layang (elevated).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pembangunan tersebut merupakan rencana pembangunan rel layang terpanjang di Indonesia, yg diharapkan dapat mengatasi kemacetan di perlintasan sebidang Simpang Joglo, Surakarta.

Baca Juga :  [Saham] Analisa Saham Hari Ini BCAP SDMU AGRO MITI YELO SMMT LINK ICBP 25 Januari - 26 Januari 2022 Section 1

“Lalu lintas di Simpang Joglo ini sangat padat dan juga serta menjadi titik kemacetan. Dengan adanya penataan ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah lalu lintas jalan dan juga serta pergerakan kereta api,” kata Budi Karya di sela acara Ground Breaking Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Solo Balapan – Kalioso dan juga serta Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Joglo Kota Surakarta, Sabtu.

Baca Juga :  Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup 3 Bulan Mulai 26 Januari

Budi Karya menjelaskan, Kemenhub dengan Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan juga serta Pemerintah Kota Surakarta, bersinergi melakukan penataan perlintasan sebidang kereta api di Simpang Joglo.

Adapun penataan yg dilakukan yaitu, pertama, pembangunan rel ganda kereta api elevated (layang) sepanjang 1,8 km yg dikerjakan dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub.

Baca Juga :  Kominfo Ingatkan Pengguna NFT Tak Sebarkan Konten yang Melanggar Aturan

Desain konstruksi jembatan rel layang mengadopsi kearifan lokal yg terdapat kota Solo yaitu Batik Sidomukti, market Klewer dan juga serta Keraton.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: