Home Terbaru Kemenkes: Distribusi Vaksin Booster Dilakukan Bio Farma

Kemenkes: Distribusi Vaksin Booster Dilakukan Bio Farma

Trading, Investasi, Terbaru January 9, 2022 3:06 am

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Kesehatan RI atau Kemenkes mengadopsi metode distribusi vaksin booster (peningkat kekebalan) biasa dosis ketiga untuk penguat antibodi berasal dari yg berlaku saat ini kepada sekitar 21 juta masyarakat sasaran sampai ke pelosok Tanah Air.

“Untuk pola distribusinya mengikuti proses yg terdapat saat ini,” kata Juru Bicara Vaksinasi Corona Siti Nadia Tarmizi yg dikonfirmasi di Jakarta, Hari Sabtu 8 Januari 2022. 

Baca Juga :  Pengamat Beber Mayjen Maruli Simanjuntak Layak Jabat Pangkostrad

Ia mengatakan tahap distribusi dilakukan dari PT Bio Farma. Tentunya, produksi dilakukan setelah produk vaksin mendapat izin edar penggunaan darurat (EUA) berasal dari Badan Pengawas Obat dan juga serta Makanan (BPOM).

Bio Farma mendistribusikan produk vaksin dengan armada khusus yg mampu menjaga suhu ideal rantai dingin, yaitu 2-8 derajat Celcius menuju fasilitas penyimpanan vaksin khusus di masing-masing provinsi.

Seperti diketahui, vaksin merupakan produk biologis yg mudah rusak Apabila dibiarkan pada suhu tertentu. Karenanya, di dalam mendistribusikan dan juga serta menyimpannya pun butuh fasilitas khusus.

Baca Juga :  Jokowi Larang Ekspor Bauksit Tahun Ini, Aturannya Bagaimana?

Selanjutnya pemerintah daerah setempat melanjutkan proses distribusi sampai ke tempat penyuntikan para peserta menggunakan boks dingin yg dapat mempertahankan suhu 2-8 derajat celcius.

Langkah selanjutnya ialah menyiapkan vaksinasi untuk masyarakat. Vaksinasi booster ideal diberikan dengan interval enam bulan sejak suntikan dosis lengkap vaksin primer.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini:

Baca Juga :  [Saham] Saham Snappily Exchange Hari Selasa 25 Januari 2022, High Pains High Return #FastTrade #Exchange