Home Terbaru Luhut soal Krisis Pasokan Batu Bara: Masalah Emergency Sudah Terlewati

Luhut soal Krisis Pasokan Batu Bara: Masalah Emergency Sudah Terlewati

Trading, Investasi, Terbaru January 7, 2022 3:16 am

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan juga serta Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan krisis ketersediaan batu bara untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN sudah terlewati.

“Sekarang itu telah tidak terdapat masalah, emergency-nya telah terlewati,” ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan juga serta Investasi, Jakarta Pusat, Hari Kamis (6/1).

Baca Juga :  [Investasi] Terkejut❗Kehebatan MALAYSIA 🇲🇾 Bina Investasi Negara | Discover GEDUNG TERTINGGI ASIA dari Menara KH

Terkait putusan larangan ekspor batu bara, Luhut mengatakan pihaknya akan terus berdiskusi dengan sejumlah pihak terkait. “Ada sedikit item yg mau kami selesaikan, besok tim akan bekerja,” lanjutnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Mineral dan juga serta Batu Bara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin mengatakan pasokan listrik untuk wilayah Jawa, Bali dan juga serta Madura terancam.

Hal tersebut terjadi Karena rendahnya realisasi kewajiban pemenuhan batu bara untuk kebutuhan di dalam negeri (domestic market obligation/ DMO) berasal dari pengusaha batu bara.

Baca Juga :  Tren Bisnis Furniture Custom Bertahan di Masa Pandemi

Ia menambahkan realisasi itu membuat pembangkit PLN mengalami defisit pasokan batu bara pada akhir Tahun lalu. Menurutnya, pasokan batu bara yg aman di PLTU PLN ialah di atas 20 hari operasi.

“Dari 5,1 juta metrik ton (MT) penugasan berasal dari pemerintah, sampai 1 Januari 2022 cuma dipenuhi sebesar 35 ribu MT atau kurang berasal dari 1 persen,” ungkap Ridwan seperti dikutip berasal dari website Kementerian ESDM, Hari Sabtu (1/1) lalu.

Baca Juga :  [Investasi] Investasi 5 Saham Amerika Terbesar !! Cuan 2100%?! SERIUS?? Gotrade

Untuk mengatasi masalah itu, pemerintah memutuskan melarang pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) atau Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) ekspor batu bara.

Larangan diberlakukan mulai 1 Januari 2022 sampai 31 Januari 2022.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/bir)


Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: