Home Terbaru Menhub: Pelabuhan Depapre di Jayapura Akan menjadi Hub di Indonesia Timur

Menhub: Pelabuhan Depapre di Jayapura Akan menjadi Hub di Indonesia Timur

Trading, Investasi, Terbaru January 12, 2022 3:06 am

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Pelabuhan Depapre di Kabupaten Jayapura, Papua, akan menjadi hub di Indonesia timur. Pelabuhan Depapre bakal melayani kegiatan peti kemas dan juga serta lalu-lintas kapal penumpang perintis lintas wilayah di Papua dan juga serta sekitarnya.

“Harapan kami seluruh pemangku kepentingan bagus berasal dari kementerian maupun lembaga, pemerintah daerah, dan juga serta unsur terkait lainnya bersama-sama berperan aktif dan juga serta berkolaborasi di dalam usaha meningkatkan kinerja Pelabuhan Depapre,” kata Budi Karya di dalam keterangannya, Selasa, 11 Januari 2022.

Baca Juga :  Bendungan Randugunting Diresmikan Jokowi, Ini Harapan Petani Blora

Pelabuhan Depapre dibangun sejak 2015 sampai 2020 dari Kementerian Perhubungan. Berlokasi di Teluk Tanah, pelabuhan ini membutuhkan investasi berasal dari APBN senilai Rp 175 miliar.

Budi Karya menyatakan pembebasan lahan pelabuhan telah dilakukan secara bertahap sejak 2007 sampai 2013 dengan luas 24,83 hektare berasal dari total kebutuhan 74 hektare. Sedangkan proses reklamasi pasca-pembangunan telah kelar dikerjakan di lahan seluas 15,67 hektare.

Sesuai dengan Rencana Induk Pelabuhan  Nasional, Pelabuhan Depapre akan terus dikembangkan. Budi Karya mengklaim pelabuhan ini memiliki tempat strategis lantaran menghadap langsung ke Samudera Pasifik yg menjadi gerbang perdagangan internasional, terutama di wilayah Asia Pasifik.

Baca Juga :  Sandiaga Sebut Parkir Rp 350 Ribu 2 Jam di Malioboro Bisa Jadi Preseden Buruk

Pemerintah, kata dia, tengah membangun Jalan Sentani Depapre sebagaimana akses menuju ke pelabuhan untuk memudahkan lalu-lintas berasal dari sisi darat. Adapun pada 2021, Pelabuhan Depapre telah mulai melayani rute baru tol laut yg menghubungkan wilayah Papua dan juga serta Papua Barat.

Budi Karya menerangkan, Kabupaten Jayapura sebagaimana sentra pembangunan di Papua akan menjadi pusat ekonomi baru. Selain Pelabuhan Depapre, Ia menerangkan, Jayapura memiliki Bandara Sentani di Jayapura.

Dia berharap keberadaan simpul transportasi berasal dari angkutan laut sampai udara dapat mempermudah pengiriman komoditas unggulan Papua untuk ekspor maupun kebutuhan di dalam negeri. “Papua memiliki potensi komoditas yg sangat banyak sekali mulai ikan, rumput laut, kayu, dan juga serta yg lain sebagainya,” kata dia.

Baca Juga :  [Investasi] Menghitung Untung Rugi Investasi Emas Antam (28 Januari 2022)

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

Baca serta: Saham Allo bank Melesat, Analis: Orang Melihat Chairul Tanjung

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan juga kabar pilihan berasal dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda penting meng-install Software Aplikasi Telegram terlebih dahulu. 

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: