Home Terbaru Menlu Retno Pastikan Tidak Ada Hambatan Apa pun di dalam Diplomasi Indonesia

Menlu Retno Pastikan Tidak Ada Hambatan Apa pun di dalam Diplomasi Indonesia

Trading, Investasi, Terbaru January 7, 2022 3:11 am

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan, bahwa diplomasi akan terus bekerja di dalam situasi apa pun di dunia yg masih dipenuhi berbagai tantangan ini termasuk pandemi dan juga serta konflik.

Diplomasi Indonesia akan tetap fokus salah satunya pada pemulihan pasca pandemi bagus bidang kesehatan maupun ekonomi.

Baca serta: Shinzo Abe Bikin Komentar Soal Taiwan, Kemenlu China Spontan Panggil Dubes Jepang

“Saya ingin menyampaikan bahwa diplomasi akan terus bekerja di dalam situasi apapun serta, dan juga serta fokus tetap diberikan untuk mendukung proses pemulihan bagus untuk bidang kesehatan maupun ekonomi,” ungkap Menlu Retno di dalam kesempatan penyampaian Pernyataan Pers Tahunan Menlu (PPTM) 2022 secara virtual, Hari Kamis (6/1/2022).

Baca Juga :  BKPM Terima Studi Kelayakan Bandara Buleleng di Bali

Retno mengatakan, diplomasi perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) serta akan diperkuat dengan menggunakan inovasi teknologi. Sementara itu tantangan rivalitas antara negara besar diperkirakan tidak akan menurun terutama di kawasan Indo-Pasifik.

Retno menilai fenomena ini yg akan membuat pelaksanaan politik luar negeri Indonesia yg bebas aktif akan semakin relevan.

“Di sinilah ASEAN yg solid diperlukan. Untuk Tahun 2022, Indonesia akan terus berusaha memperkuat sentralitas dan juga serta soliditas ASEAN. ASEAN tetap mesti berfungsi sebagaimana jangkar stabilitas, perdamaian dan juga serta kesejahteraan kawasan Indo-Pasifik,” kata Retno.

Baca Juga :  [Saham] Rekomendasi Saham Pilihan Untuk Kamu | NH Korindo Sekuritas

Selain itu, diplomasi Indonesia akan terus aktif di dalam mengedepankan perdamaian dan juga serta kemanusiaan untuk saudara-saudara Rohingya dan juga serta penyelesaian krisis politik di Myanmar. Indonesia serta berkomitmen untuk terus membantu perjuangan rakyat Palestina dan juga serta mengedepankan hak-hak perempuan di Afghanistan.

Retno mengatakan, diplomasi Indonesia 2022 akan menggunakan keketuaan G20 sampai November Tahun ini. Indonesia, kata dia, bakal memberikan kontribusi lebih di dalam usaha dunia mempersempit gap antara negara maju dan juga serta negara berkembang di dalam pemulihan kesehatan dan juga serta ekonomi.

“Komitmen terhadap isu lingkungan dan juga serta perubahan iklim serta akan terus diperkuat dengan terus memperhatikan pemenuhan target SDG’s. Dengan demikian tidak terdapat satupun pihak atau negara yg tertinggal,” ungkap Menlu Retno.

Baca Juga :  Catat! BMKG Prediksi Ada Potensi Peningkatan Curah Hujan Tiga Hari Kedepan

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan juga serta keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di our Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yg terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan juga serta keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: