Home Terbaru Menteri ESDM Beber PLN Sempat Krisis Gas Alam Cair

Menteri ESDM Beber PLN Sempat Krisis Gas Alam Cair

Trading, Investasi, Terbaru January 14, 2022 3:16 am

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Energi dan juga serta Sumber Daya Mineral (ESDMArifin Tasrif mengungkapkan PT PLN (Persero) sempat mengalami krisis gas alam cair (liquefied natural gas/LNG). Pemerintah langsung mengambil langkah untuk mengatasi krisis energi tersebut.

“Kami membelokkan LNG yg seharusnya itu berkontrak di luar (negeri), kami tarik ke di dalam (negeri), kemudian ini telah dapat diamankan,” kata di dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI dikutip berasal dari Antara, Hari Kamis (13/1).

Awalnya, terang Arifin, PLN cuma membutuhkan 4 kargo gas alam cair. Namun kini ditambah 1 kargo gas alam cair berasal dari akumulasi defisit gas alam cair yg terjadi beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Upaya Sandiaga Uno Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Sumut

PT Pertamina (Persero) dan juga serta BP Tangguh berkomitmen untuk memasok 5 kargo gas alam cair untuk pembangkit listrik milik PLN. Sebelumnya, SKK Migas serta telah menyatakan komitmennya untuk memenuhi kebutuhan gas alam cair bagi pembangkit listrik di dalam negeri.

Deputi Keuangan dan juga serta Monetisasi SKK Migas Arief Setiawan Handoko menyampaikan bahwa sektor hulu migas akan menyiapkan 58 kargo gas alam cair yg dipasok berasal dari Kilang Bontang dan juga serta Kilang Tangguh di Kalimantan Timur. Dengan begut, SKK Migas berharap seluruh kargo yg disiapkan untuk PLN dapat diserap ke pembangkit listrik.

Baca Juga :  Balas Kritik RR Soal Pemindahan IKN, Ade: Bagaimana Mungkin Ini Konspirasi Jokowi, Cina dan PKI?

“Komitmen untuk mendukung sektor kelistrikan ini akan terus kami jaga seiring semakin strategisnya peranan gas alam sebagaimana energi transisi,” ungkap Arif.

Sebagai informasi, sejak 2012, hulu migas telah mulai memasok gas alam cair untuk kebutuhan di dalam negeri. saat itu, volume gas alam cair domestik masih sebesar 14 kargo.

Jumlah tersebut kemudian mengalami peningkatan dengan sampai 60,6 kargo pada 2019. Namun, angkanya sempat turun ke 44,9 kargo pada masa pandemi Corona.

Baca Juga :  Htai-Hati! KPK Bakal Jerat Pihak yang Ganggu Penyidikan Bupati Langkat

Pada Tahun lalu, jumlah kargo diyakini kembali naik dengan jumlah pasokan mencapai 56 kargo. berasal dari pasokan gas alam cair untuk domestik tersebut, pasokan untuk sektor kelistrikan menjadi yg paling tinggi.

Pasokan gas alam cair untuk sektor kelistrikan mencapai 54 kargo atau 96,5 persen berasal dari total kargo yg ada. Sementara sisanya, dipasok untuk sektor industri.

[Gambas:Video CNN]

(fry/sfr)


Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: