Home Terbaru Omicron Merajalela, Harga Minyak Mentah RI Turun

Omicron Merajalela, Harga Minyak Mentah RI Turun

Trading, Investasi, Terbaru January 13, 2022 3:21 am

Jakarta

Harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) bulan Desember 2021 ditetapkan rata-rata turun sebesar US$ 6,77 per barel, berasal dari US$ 80,13 per barel menjadi US$ 73,36 per barel.

Penurunan harga minyak mentah diakibatkan seiring kekhawatiran tentang permintaan yg dipicu dari kenaikan global yg cepat Karena Corona jenis varian Omicron serta kenaikan pasokan minyak berasal dari Libya.

“Meningkatnya sejumlah kasus (Corona) Omicron di sejumlah negara memiliki dampak besar terhadap perilaku pasar. Terjadinya pembatasan aktivitas ekonomi mengakibatkan penurunan permintaan minyak mentah global,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan info Publik dan juga serta Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi melalui keterangan tertulis dikutip detikcom, Hari Rabu (12/1/2022).

Baca Juga :  Petani Dapat Penjaminan Kredit dari BUMN, Ini Manfaatnya

Selain itu, minat investor menurun pada komoditas minyak sampai level terendah di dalam beberapa Tahun dan juga serta mendorong aksi profit taking di saat harga masih tinggi. Hal itu dipengaruhi adanya inflasi, pelepasan cadangan strategis, dan juga serta berlanjutnya peningkatan produksi OPEC+ serta penguatan nilai tukar USD AS terhadap mata uang utama dunia lainnya.

Baca Juga :  [Saham] MENTAL TRADER HARUS HEBAT | Vier Tehnik/Taktik Dagang Saham

Terkait pasokan/produksi dan juga serta stok minyak, International Energy Agency di dalam laporan bulan Desember 2021 menyatakan bahwa pasokan minyak mentah global melebihi permintaan, terutama Karena peningkatan produksi AS seiring peningkatan aktifitas pengeboran dan juga serta peningkatan produksi OPEC+ sebesar 450.000 barel per hari.

Sedangkan terkait permintaan minyak, OPEC melaporkan permintaan minyak pada kuartal 4 Tahun 2021 disesuaikan sedikit lebih rendah, terutama untuk memperhitungkan langkah-langkah penahanan Corona di Eropa dan juga serta potensi dampaknya terhadap permintaan bahan bakar transportasi, serta munculnya varian Corona baru, Omicron. Total permintaan minyak dunia sebesar 96,63 juta barel per hari secara tahunan pada Tahun 2021.

Baca Juga :  Jokowi Dorong OJK Terus Perkuat Sinergi untuk Pemulihan Ekonomi

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: