Home Terbaru PLN Siapkan Keandalan Pasokan Listrik Menjelang Tes Pramusim MotoGP Mandalika

PLN Siapkan Keandalan Pasokan Listrik Menjelang Tes Pramusim MotoGP Mandalika

Trading, Investasi, Terbaru January 10, 2022 3:06 am

TEMPO.CO, Jakarta – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat mempersiapkan infrastruktur ketenagalistrikan di sejumlah tempat untuk mendukung keandalan pasokan listrik menjelang tes pramusim MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika pada 13 – 15 Februari 2022.

“PLN berkomitmen untuk menghadirkan layanan zero down time (ZDT) atau listrik tanpa kedip pada gelaran MotoGP, seperti pada event World Superbike (WSBK) pada November 2021,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran di Mataram, NTB, Minggu, 9 Januari 2022.

Untuk merealisasikan layanan ZDT, kata dia, pihaknya telah melakukan beberapa persiapan di lokasi. Di antaranya ialah inventarisasi ulang kebutuhan material dan juga serta serta peralatan cadangan, pengerjaan beberapa pekerjaan sipil, pemasangan kabel di beberapa titik dan juga serta mobilisasi beberapa peralatan ke sirkuit.

Baca Juga :  [Saham] #SAHAM HARI INI 17 JAN 2022

PLN serta masih menggunakan konfigurasi jaringan pada saat WBSK. Sumber pasokan listrik berasal dari dua gardu induk (GI), yaitu GI Kuta dan juga serta GI Sengkol.

“Sebanyak 18 unit genset, 17 unit Uninterruptible Power Supply dan juga serta enam unit gardu bergerak akan tetap kami siapkan sebagaimana peralatan return-up apabila terjadi gangguan pada suplai utama,” ujarnya.

PLN, kata Lasiran, serta terus berkoordinasi dengan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) selaku pengelola Sirkuit Pertamina Mandalika, terutama yg terkait dengan titik-titik di area sirkuit yg memerlukan aliran listrik.

Baca Juga :  Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup 3 Bulan Mulai 26 Januari

Pada gelaran WSBK, PLN menyiapkan pasokan listrik di enam tempat tersebar, yaitu main pit building, observation deck, medical center, bright sore, race control dan juga serta TV compound.

“Terdapat satu tempat tambahan yg mesti dipersiapkan kebutuhan listriknya dari PLN, yaitu VIP Village. saat ini, proses penyambungannya sedang dikerjakan dari tim di lapangan,” ucapnya pula.

Ia mengatakan di sisi pembangkitan, PLN serta memastikan bahwa kondisi sistem di dalam status normal. saat ini beban puncak Sistem Kelistrikan Lombok ialah 264 mega Watt (MW) dengan daya mampu pembangkit ialah sebesar 329 MW. Terdapat cadangan daya sebesar 65 MW yg masih dapat digunakan dari masyarakat.

Baca Juga :  [Saham] Masih banyak saham yang turun sehingga harus sangat selektif tradingnya

Tak cuma kelistrikan di area sirkuit saja, PLN serta mempersiapkan keandalan kelistrikan pada fasilitas pendukung seperti hotel, masjid yg berada di daerah Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

“PLN serta telah menyiapkan personel dan juga serta serta peralatan pendukung yg akan siaga selama pelaksanaan MotoGP,” kata Lasiran.

Baca serta: PLN: Pasokan Listrik Aman Setelah Kebakaran di PLTU Teluk Sirih Sumatera Barat

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan juga serta kabar pilihan berasal dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda penting meng-install Software Aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: