Home Terbaru Profil Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap dengan Nilai Investasi Rp 56...

Profil Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap dengan Nilai Investasi Rp 56 Triliun

Trading, Investasi, Terbaru January 7, 2022 3:06 am

TEMPO.CO, Jakarta – Proyek jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap atau Tol Getaci akan memasuki tahap konstruksi pada Tahun 2022 ini. Tol tersebut bakal menghubungkan Jawa Barat dan juga serta Jawa Tengah dengan total panjang 206,65 kilometer dan juga serta memakan nilai investasi sebesar Rp 56 triliun.

Dengan begitu, total panjang Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap melampaui panjang jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung atau Tol Terpeka dengan panjang 189 kilometer yg beroperasi sejak Tahun 2019. Tol Terpeka sebelumnya ditasbihkan sebagai tol terpanjang di Indonesia.  

Baca Juga :  [Investasi] Menghitung Untung Rugi Investasi Emas Antam (21 Januari 2022)

Kementerian Pekerjaan Umum dan juga serta Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan pembangunan jalan tol ini bertujuan untuk menghubungkan Jawa Barat dengan Jawa Tengah. “Serta mendukung pariwisata di Jawa Barat dan juga serta Jawa Tengah,” seperti dikutip berasal dari situs Sistem info Proyek Unggulan KPBU Kementerian PUPR, Kamis, 6 Januari 2022.

Nantinya jalan tol yg bakal beroperasi pada Tahun 2024 tersebut akan memiliki 10 simpang susun (SS). Kesepuluh simpang susun itu ialah SS Majalaya, SS Nagrek, SS Garut Utara, SS Garut Selatan, SS Singaparna, SS Tasikmalaya, SS Ciamis, SS Banjar, SS Patimuan, dan juga serta SS Cilacap. Rencananya jalan tol ini akan memiliki 2 jalur dengan masing-masing 2 lajur. 

Proyek tol ini merupakan bentuk Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) unsolicited, di mana sumber utama pengembalian investasi yakni User Charge. Adapun masa konsesi Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap tersebut selama 40 Tahun.

Baca Juga :  Ribuan Guru Honorer Indonesia Dapatkan Apresiasi BUMN

Trase atau rute Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap nantinya direncanakan terdiri berasal dari dua tahap yaitu tahap pertama ruas tol Gedebage  Tasikmalaya sepanjang kurang lebih 95,2 Km akan melewati Garut dan juga serta Tasikmalaya.

Untuk tahap kedua ruas tol Tasikmalaya – Cilacap sepanjang kurang lebih 111 Km akan melewati Ciamis, Banjar, dan juga serta Cilacap.

Baca Juga :  [Investasi] LIVE - Keterangan Pers Menteri Investasi/Kepala BKPM tentang Pencabutan IUP, HGU dan HGB

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan juga serta Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan konstruksi tahap pertama Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap akan dimulai pada Tahun 2022 yaitu ruas tol Gedebage – Tasikmalaya.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: