Home Terbaru PUPR Gelontorkan Rp1,24 T membuat Normalisasi Sungai Kalibanger

PUPR Gelontorkan Rp1,24 T membuat Normalisasi Sungai Kalibanger

Trading, Investasi, Terbaru January 14, 2022 3:16 am

Jakarta, CNN Indonesia

Kementerian Pekerjaan Umum dan juga serta Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana menggelontorkan Rp1,24 triliun untuk proyek normalisasi Sungai Kalibanger Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Bagian Humas Pelaksana Proyek PT Brantas Abipraya Yusuf mengatakan proyek itu telah mulai dikerjakan. Proyek tersebut ditargetkan selesai pada 2023 mendatang.

“Normalisasi atau pengerukan lumpur sungai ini dilaksanakan seperti yg direncanakan, yaitu bawah selebar 30 meter sampai 60 meter,” kata Yusuf, dikutip berasal dari Antara, Hari Kamis (13/1).

Baca Juga :  Masih Cari Kerja? Shopee-BUMN Peternakan Buka Lowongan Nih

Ia mengatakan anggaran untuk proyek normalisasi Sungai Kalibanger dibagi menjadi tiga paket. Pertama, paket terdiri atas pembuatan kolam retensi, pembangunan parapet, pekerjaan bendung gerak, dan juga serta pekerjaan regular gate.

Kedua, paket yg meliputi normalisasi Sungai Kalibanger, pembangunan parapet, normalisasi Sungai Gabus, dan juga serta tanggul rob. Ketiga, paket atas pekerjaan pompa dan juga serta pekerjaan long storage.

Menurut Yusuf, kontrak kerja proyek itu diteken sejak Oktober 2021. Untuk paket 3 dikerjakan dari PT Jaya Konstruksi-KSO dan juga serta paket 2 dikerjakan dari Brantas Abipraya.

Baca Juga :  Harga Minyak Goreng Masih Naik di Pedagang Besar

Ia mengatakan hasil pengerukan material sungai disediakan untuk kepentingan fasilitas umum yg berada di sekitar proyek.

Brantas Abipraya, tambah Yusuf, telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk melaksanakan proyek tersebut.

“Hal ini kami lakukan supaya situasi aman dan juga serta kondusif sehingga mempermudah pihak pelaksana dapat bekerja secara baik. Tujuan normalisasi sungai itu ialah untuk meminimalkan terjadinya banjir di Kota Pekalongan,” tutup Yusuf.

Baca Juga :  Marina Budiman, Ratu Data Jadi Orang Kaya Baru di Indonesia

[Gambas:Video CNN]

(aud/sfr)


Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: