Home Terbaru Skema Pengadaan Batu Bara Bakal Diubah, Luhut: PLN Akan Beli di Harga...

Skema Pengadaan Batu Bara Bakal Diubah, Luhut: PLN Akan Beli di Harga Pasar

Trading, Investasi, Terbaru January 11, 2022 3:06 am

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan juga serta Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan mengubah skema pengadaan batu bara untuk PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) alias PLN. 

Luhut berujar PLN nantinya akan membeli batu bara untuk pasokan pembangkit listrik tenaga uap sesuai dengan harga pasar.

“Nanti dibentuk BLU (Badan Layanan Umum), nanti BLU bayar ke PLN. menjadi PLN membeli secara market price, tidak terdapat lagi mekanisme market terganggu,” ungkap Luhut di kantornya, Senin, 10 Januari 2022.

Baca Juga :  Kemenhub Gelontorkan Rp3,2 T untuk Subsidi Kereta pada 2022

Luhut mengatakan nantinya perusahaan batu bara memiliki kewajiban untuk membayar pungutan kepada BLU yg nantinya akan dialokasikan sebagaimana kompensasi bagi PLN lantaran adanya selisih harga antara harga patokan, misalnya US$ 70 per ton, dan juga serta harga di pasaran. Sehingga PLN nanti dapat membeli dengan harga pasar.

“menjadi selisih harga apabila basisnya US$ 70 per ton, itu akan dilihat berapa dolar selisihnya itu yg akan masuk ke BLU berasal dari perusahaan batu bara. menjadi semua perusahaan batu bara memiliki kewajiban sama untuk subsidi tadi,” ungkap Luhut. Adapun skema BLU kini tengah disiapkan dan juga serta ditargetkan rampung di dalam satu sampai dua bulan ke depan. 

Baca Juga :  PNS Dilarang Plesir ke Luar Negeri Selama Pandemi, Kecuali....

Di samping itu, Luhut mengatakan bakal membenahi sangat banyak soal pemasokan batu bara ke perusahaan setrum negara. Mulai berasal dari pembelian yg mesti berasal dari perusahaan tambang batu bara dan juga serta bukan trader, sampai skema pembelian yg tidak lagi free on board atau FOB dan juga serta mesti secara Cost, Insurance also Freight atau CIF.

“Kemudian nanti kapal, PT BAG, itu akan di spin-off, menjadi biar nanti karena CIF tak penting lagi PLN cawe-cawe,” ungkap Luhut menjelaskan lebih jauh tentang pembenahan pasokan batu bara ke PLN itu.

Baca Juga :  Ferdinand Hapus Cuitan yang Buat Gaduh, Nicho Silalahi: Ada Dugaan Upaya Penghilangan Barang Bukti!

Baca: Luhut Longgarkan Larangan Ekspor Batu Bara, Belasan Kapal Dilepas Besok

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan juga kabar pilihan berasal dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda penting meng-install Software Aplikasi Telegram terlebih dahulu. 

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: