Home Terbaru Sudah Diteliti Vaksin Booster Bisa Kurangi Risiko Gejala Omicron

Sudah Diteliti Vaksin Booster Bisa Kurangi Risiko Gejala Omicron

Trading, Investasi, Terbaru January 12, 2022 3:11 am

Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Prof Tjandra Yoga Aditama menyampaikan, vaksinasi dosis ketiga atau booster bisa kurangi risiko gejala varian Omicron. Berdasarkan studi di Skotlandia, booster berfungsi memperkuat imunitas orang yg telah divaksinasi.

“Berdasarkan penelitian di Skoltlandia, mereka yg telah mendapat vaksinasi dosis ke tiga ”booster” memiliki risiko 57% lebih rendah untuk menunjukkan gejala-gejala sesudah terinfeksi Omicron,” kata Tjandra kepada Republika, Hari Senin (10/1/2022).

Baca Juga :  Erick Thohir: RI Butuh 17,5 Juta Tenaga Kerja yang Melek Teknologi

Hal senada serta disampaikan di dalam laporan “a United Kingdom Health Security Agency”. Disebutkan, risiko masuk rumah sakit turun 65% pada mereka yg telah divaksin dua kali.

“dan juga turun 81% pada yg telah divaksin 3 kali, dibandingkan dengan mereka yg tidak mendapat vaksin sama sekali,” tutur Tjandra.

Badan Pengawas Obat-obatan dan juga serta Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat (EUA) untuk penggunaan vaksin Coronovac BioFarma, Moderna, Pfizer, AstraZeneca, dan juga serta Zifivax. Kelima vaksin tersebut akan digunakan sebagaimana booster vaksin Corona di Indonesia.

Baca Juga :  Jokowi Larang Ekspor Bauksit Tahun Ini, Aturannya Bagaimana?

Badan POM RI, Penny Lukito, mengatakan, lima vaksin yg telah mengantongi EUA telah melalui uji klinis, untuk keamanan kejadian yg tak diinginkan. Reaksi lokal seperti nyeri, kemerahan di tempat yg disuntik tingkat keparahannya umumnya masih ringan.

Baca serta: Lima Vaksin Ini Kantongi Izin Darurat sebagaimana Booster

Nantinya, lanjut Penny, terdapat dua mekanisme pemberian booster. Pertama, booster di dalam bentuk homolog atau menggunakan vaksin yg sama dengan yg sebelumnya. Kedua, heterolog atau menggunakan vaksin berbeda berasal dari sebelumnya.

Baca Juga :  [Saham] Cerita Pak Lo Kheng Hong Dwell on di 1998 karena saham UNTR +15.000%⁉️

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan juga serta keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di our Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yg terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan juga serta keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video terbaru berikut ini: